Mengenal Garam Himalaya dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Garam Himalayan

Anda mungkin sudah mendengar istilah garam Himalaya. Tidak seperti garam laut atau garam meja, garam Himalaya bewarna merah muda. Belakangan, popularitas garam Himalaya menanjak karena diklaim sarat dengan berbagai mineral dan bisa memberikan manfaat bagi kesehatan. Karena alasan tersebut, garam himalaya dianggap lebih sehat ketimbang garam biasa.

Apa itu garam Himalaya?
Garam Himalaya merupakan garam yang dihasilkan dari tambang garam dikawasan pertambangan garam Khewra Satl Mine didekat kaki pegunungan Himalaya, Pakistan. Tambang garam Khewra adalah salah satu tambang garam tertua dan terbesar di dunia. Tambang ini diyakini terbentuk sejak jutaan tahun silam. Tidak seperti garam laut, garam himalaya ini terbebas dari polusi yang dapat mencemar maanfaat dan kualitas garam. Garam himalaya diekstrasi secara manual dan minim proses permurnian, sehingga garam ini minim tambahan zat kimia. Namun, seperti garam biasa atau garam dapur, garam himalaya banyak mengandung natrium klorida.

Warna merah muda atau pink pada garam Himalaya tidak disebabkan oleh pewarna makanan, melainkan banyaknya jumlah zat besi. Selain zat besi, garam Himalaya juga mengandung mineral seperti magnesium, kalsium, kalium, fosfor, klorida, boron, fluoride, yodium, seng, serta selenium.

Manfaat garam Himalaya
Anggapan bahwa garam Himalaya merupakan “garam sehat” memang harus diteliti lebih dalam lagi, namun bukan berarti garam Himalaya tidak memiliki dampak yang baik untuk kesehatan. Berikut ini manfaat-manfaat dari garam Himalaya:

  1. Menjaga hidrasi tubuh.
    Kandungan elektrolit pada garam Himalaya mampu menjaga hidrasi tubuh serta menjaga keseimbangan cairan tubuh.
  2. Menyeimbangkan pH
    Natrium pada garam Himalaya mampu menetralkan asam pada tubuh sehingga pH tubuh akan terjaga keseimbangannya.
  3. Mengontrol tekanan darah
    Garam Himalaya mengandung lebih sedikit natrium daripada garam biasa, yaitu sebesar 420 mg. Oleh karena itu, garam Himalaya bisa digunakan sebagai alternatif pilihan garam bagi pengidap darah tinggi.
  4. Menjaga kesehatan pencernaan
    Kadar natrium juga mampu menetralkan asam lambung berlebihan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga banyak anggapan bahwa garam Himalaya baik untuk diet.
  5. Menghilangkan rasa sakit dan pegal pada kaki
    Garam himalaya bisa digunakan untuk menghilangkan rasa pegal dan sakit pada kaki, dengan mencampurkannya pada air hangat kemudian rendam kaki di dalamnya selama beberapa menit hingga rasa pegal mulai menghilang.

Selain manfaat-manfaat diatas, garam Himalaya juga memiliki manfaat lain seperti proses detoksifikasi dan melemaskan otot-otot badan. Klaim mengatakan bahwa bila Anda berendam pada campuran air hangat dan garam Himalaya mampu membuat tubuh Anda segar kembali.

Jadi bagaimana, apa Anda tertarik untuk mencoba garam Himalaya? Anda bisa mendapatkan garam Himalaya di Pondok Herbal sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *