Akar bajakah adalah tanaman yang berasal dari Kalimantan, Indonesia. Tanaman ini memiliki sejarah panjang dalam pengobatan tradisional masyarakat Dayak Kalimantan. Akar bajakah memiliki bentuk yang unik, yaitu seperti ranting kayu yang bergelombang, berwarna coklat kehitaman dan berbulu halus.

Banyak penelitian telah dilakukan untuk mengidentifikasi manfaat dari akar bajakah. Beberapa studi menunjukkan bahwa tanaman ini memiliki kandungan senyawa bioaktif yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Berikut adalah beberapa manfaat akar bajakah yang telah diketahui:

  1. Membantu dalam pengobatan kanker
    Beberapa studi menunjukkan bahwa ekstrak akar bajakah memiliki efek anti-kanker. Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports, peneliti menemukan bahwa senyawa bioaktif dalam akar bajakah dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara pada tikus yang diinduksi dengan karsinogen. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa ekstrak akar bajakah mampu menghambat pertumbuhan sel kanker hati dan paru-paru. Hal ini menunjukkan bahwa akar bajakah memiliki potensi sebagai agen anti-kanker.
  2. Menyembuhkan luka
    Akar bajakah juga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka. Senyawa bioaktif dalam akar bajakah diketahui memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Pharmacognosy Magazine, peneliti menemukan bahwa ekstrak akar bajakah mampu mempercepat penyembuhan luka pada tikus.
  1. Menjaga kesehatan jantung
    Kandungan senyawa bioaktif dalam akar bajakah seperti flavonoid dan polifenol diketahui mampu membantu menjaga kesehatan jantung. Senyawa ini memiliki efek vasodilator yang dapat membantu memperlebar pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke jantung. Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Fitoterapia, peneliti menemukan bahwa ekstrak akar bajakah mampu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi kardiovaskular pada tikus.
  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Kandungan senyawa bioaktif dalam akar bajakah seperti saponin dan polifenol diyakini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal International Journal of Applied Research in Natural Products, peneliti menemukan bahwa ekstrak akar bajakah dapat meningkatkan produksi sitokin dan antibodi pada tikus.
  1. Membantu mengatasi diabetes
    Beberapa studi menunjukkan bahwa akar bajakah dapat membantu mengatasi diabetes. Senyawa bioaktif dalam akar bajakah diketahui memiliki efek hipoglikemik, yaitu dapat menurunkan kadar gula darah. Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical Research
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *